Apa Sih Perbedaan Antara Kelabang dengan Kaki seribu ? Ini dia Jawabannya Gan



Sebelum membahas tentang Artikel saya kali ini, saya mau ngucapin terimakasih kepada teman kerja saya tadi, yang sudah memberikan inspirasi untuk saya mengenai perbedaan atara Kelabang dengan Kaki Seribu.

Sumpah, dari pertama gue masuk kerja tadi, gue langsung ditanyain sama dia, "Zis lu tau gak sih bedanya Kelabang dengan Kaki Seribu?" Menurut gue emang beda sih... kenapa? Karena orang-orang juga udah yakin kalo kaki seribu itu (Mungkin) kaki nya ada Seribu, tapi kalo kelabang? Belum tentu juga ada seribu kan? (Jawab asal-asalan gue).

Nah daripada dia bingung sendiri dan pertanyaan itu telah menjadi Trending Topik di Kerjaan gue hari itu, mending gue bahas deh disini mengenai Perbedaan antara Kelabang dengan Kaki Seribu.

Apa Sih Perbedaan Antara Kelabang dengan Kaki seribu ? Ini dia Jawabannya Gan

Myriapoda / Myriapod adalah nama dari suatu subfilum dalam klasifikasi ilmiah di mana hewan-hewan yang termasuk dalam subfilum ini memiliki ciri-ciri berupa tubuhnya yang panjang & kaki yang berjumlah banyak. Karena Myriapoda tidak bisa menutup spirakel / lubang pernapasannya.

Myriapoda sangat mudah kehilangan cairan tubuh bila suhu lingkungannya sedang tinggi. Untuk mengatasinya, Myriapoda baru keluar beraktivitas di malam hari, atau memilih tempat yang lembab sebagai habitat hidupnya.

Dari sekian banyak hewan-hewan yang menyusun subfilum Myriapoda, 2 kelompok hewan yang paling terkenal adalah kelabang & kaki seribu. Karena sama-sama memiliki tubuh yang panjang & kaki berjumlah banyak, orang awam kerap kebingungan saat harus membedakan kelabang dengan kaki seribu.

Jika pengunjung termasuk salah satu di antaranya, maka pengunjung tidak perlu khawatir lagi. Karena sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan membahas soal perbedaan di antara keduanya.

Apa Sih Perbedaan Antara Kelabang dengan Kaki seribu ? Ini dia Jawabannya GanKELABANG / LIPAN (CENTIPEDE)
  • Penampang tubuhnya berbentuk agak pipih
  • Beracun
  • Memiliki 2 kaki di masing-masing ruas tubuhnya
  • Bergerak dengan cara mengangkat kaki kanan & kirinya secara bergantian
  • Antenanya panjang
  • Memiliki kaki panjang mirip antena di ujung ekornya
  • Mayoritasnya memakan daging
  • Melindungi diri dengan cara menggigit
  • Dalam tangga klasifikasi ilmiah, termasuk dalam kelas Chilopoda

Apa Sih Perbedaan Antara Kelabang dengan Kaki seribu ? Ini dia Jawabannya Gan
KAKI SERIBU / LUWING (MILLIPEDE)
  • Penampang tubuhnya berbentuk bundar
  • Tidak beracun
  • Memiliki 4 kaki di masing-masing ruas tubuhnya
  • Bergerak dengan cara mengangkat kaki kanan & kirinya secara serempak
  • Antenanya pendek
  • Tidak memiliki kaki panjang mirip antena di ujung ekornya
  • Mayoritasnya memakan tumbuhan
  • Melindungi diri dengan cara menggulung diri & menyemprotkan cairan berbau
  • Dalam tangga klasifikasi ilmiah, termasuk dalam kelas Diplopoda

Nah mungkin di Artikel saya kali ini, bisa membantu teman saya yang masih kebingungan mencari perbedaan antara Kelabang dengan Kaki Seribu (Semoga dia membacanya sih).


Penelusuran yang terkait :
kelabang vs kaki seribu
perbedaan lipan dan kaki seribu
ciri khusus kaki seribu
perbedaan kaki udang dengan kaki lipan
ciri ciri kelabang
secara evolusi echinodermata
jelaskan sistem peredaran darah arthropoda
klasifikasi kaki seribu



Lightroom Presets .apk Aplikasi Android

Dapatkan pemberitahuan via email setiap ada postingan terbaru,
Silahkan masukkan email anda, lalu klik Subscribe






0 Response to "Apa Sih Perbedaan Antara Kelabang dengan Kaki seribu ? Ini dia Jawabannya Gan"


Post a Comment