Pengertian Bounce Rate Blog dan Hubungannya Dengan SEO

Bagi Anda semua yang paham betul tentang SEO, maka anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah bounce rate blog atau tingkat bouncing sebuah web atau blog.

Namun bagi anda semua yang masih awam tentang SEO dan sedang belajar SEO, maka anda harus mengenal terlebih dahulu apa itu bounce rate blog.

Pengertian Bounce Rate Blog dan Hubungannya Dengan SEO

Definisi Bounce Rate Blog
Menurut wikipedia.org , pengertian dari bounce rate adalah  persentase pengunjung yang masuk ke website Anda lalu pengunjung tersebut langsung keluar tanpa melihat halaman lain dari web atau blog Anda. Secara sederhana, bounce rate bisa kita artikan persentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman di web blog  kita.

Dari pengertian bounce rate di atas, dapat diartikan bahwa bounce rate atau tingkat bouncing sebuah web dapat memberitahu anda jika pengunjung blog anda tinggal di blog anda dalam waktu lama atau hanya membuka halaman anda sebentar saja dan langsung menutup jendela tab windows halaman web anda. Jadi ada dua skenario bila pengunjung datang ke halaman web anda, yaitu :
  • Pengunjung tersebut terus membaca artikel  anda, dan  juga membuka halaman artikel lain yang ada di web blog anda.
  • Pengunjung tersebut langsung pergi menutup halaman web anda karena artikel yang pengunjung cari tidak ada atau kurang menarik bagi pengunjung.
Menghitung Bounce Rate Blog Anda
Jika anda ingin mengetahui berapa persentase bounce rate blog anda, maka anda dapat menghitungnya dengan rumus sederhana di bawah ini :
 BR = A/B x 100%
Keterangan :
  • BR = Persentase bounce rate web blog anda.
  • A  = Jumlah pengunjung blog yang hanya membuka satu halaman saja.
  • B  = Total jumlah pengunjung yang mengunjungi blog anda.
Contoh Skenario :
Diibaratkan dalam satu bulan terakhir web anda mempunyai kunjungan total sebanyak 1000 Orang pengunjung. Ternyata dari 1000 orang pengunjung yang mengunjungi artikel anda, ada kurang lebih 250 pengunjung yang hanya membuka dan membaca satu halaman artikel saja.

Dengan demikian bounce rate dari web anda pada satu bulan terakhir adalah sebagai berikut :
BR  = A/B x 100%
= 250 / 1000 x 100%
= 25 %
Dengan demikian penilaian bounce rate yang baik, yaitu :
Semakin besar bounce rate yang dimiliki sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin buruk, sedangkan semakin kecil bounce rate pada sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin baik.
Bagaimana Bounce Rate yang Baik ?
Untuk membangun kinerja blog web SEO yang baik, maka anda juga harus membuat bounce rate web yang baik? Seperti apa bounce rate yang baik? Untuk yang pastinya bounce rate yang baik itu nilai persentasenya harus kecil, semakin kecil malah semakin baik. Untuk itu anda harus mempunyai target bounce rate web anda pada setiap bulan atau pun setiap minggunya.

Berapa target bounce rate yang baik untuk SEO? Menurut sejumlah pendapat mengatakan target bounce rate yang baik untuk kinerja web blog adalah berkisar sekitar 20%. Namun tentu kita tidak bisa men-judge langsung kinerja website dari bounce rate-nya saja. Jika web tersebut memang hanya punya satu halaman (website ministe contohnya), maka jelas bounce rate-nya pasti 100 %.

Bagaimana Cara Membuat Bounce Rate yang Baik ?
Cara membuat bounce rate yang baik anda hanya harus melakuakan satu hal saja, yaitu membuat pengunjung yang sedang membaca artikel halaman anda menjadi betah dan nyaman dengan halaman artikel sehingga pengunjung tersebut ingin berlama-lama di web blog anda. Hal ini sebenarnya gampang-gampang susah . . .

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi bounce rate web anda ...
  1. Kecepatan loading blog
  2. Desain blog anda
  3. Kualitas konten
  4. Internal Link
  5. Eksternal Link
Keberadaan bounce rate memang tidak begitu diperhatikan oleh banyak blogger. Akan tetapi, melihat fungsinya yang besar sebagai salah satu indikator kinerja web blog maka mulai sekarang Anda harus belajar untuk mengenal dan mengoptimalkannya dengan baik. Jadi buatlah sebisa  mungkin pengunjung betah dan nyaman saat berada di blog anda.

Sekian ... Dan Terima Kasih . . .

Baca Juga




Disarankan

  1. Cara agar Status Facebook Banyak yang Like
  2. Download aplikasi Autolike Facebook untuk Android
  3. Cara mendapatkan Token Facebook
  4. Cara Menggunakan Autolike untuk Instagram Terbaru
  5. Cara Mencegah Pengguna Adblock di Blogger
  6. Cara Terbaru mengembalikan Akun COC yang Terkena BANNED

Dapatkan pemberitahuan via email setiap ada postingan terbaru,
Silahkan masukkan email anda, lalu klik Subscribe






0 Response to "Pengertian Bounce Rate Blog dan Hubungannya Dengan SEO"


Post a Comment