Pendakian pertama ke gunung cikuray (Catatan Azis Js Setyawan)

Pada bulan oktober 2014 saya dan dua rekan saya lainnya merencanakan untuk mengisi liburan ke gunung, waktu itu tanggal 24 oktober kita berdiskusi untuk menentukan gunung yang akan ditetapkan sebagai pendakian pertama kita, lalu setelah itu kita pun menemukan satu gunung yang jalur pendakian nya itu sangat menantang, yaitu gunung cikuray yang berada di kabupaten garut jawa barat. Setelah sepakat menentukan gungung, ke-esokan harinya kita melakukan persiapan diantaranya :

1. Mencari tenda
Kami mulai bingung saat mencari tenda, sudah keliling tasik dan bertanya-tanya dimana ada tempat yang menyewakan tenda, karena ditempat lain sudah habis dipesan, untung saja ada teman kami juga yang suka mendaki tetapi kebetulan dia tidak ada acara, naah jadi kami memutuskan untuk meminjam tenda teman kami itu (walaupun kecil dan hanya muat 2 orang saja).

2. Perbekalan
Kalo masalah perbekalan itu adalah menu utama mungkin yah yang paling penting itu air, karena di gunung cikuray tidak ada sumber air sedikitpun hanya tersedia di pos saat kita mau naik saja, kami pergi ke minimarket terdekat utuk membeli perbekalan seperti mie,roko,makanan ringan,kopi, dantentunya air,
Setelah berbelanja kami langsung mencari kompor untuk nanti kebetuhan memasak, dan ada teman kami juga yang kebetulan punya kompor tersebut lalu kami meminjamnya.

3. Camera dan handpone
Untuk masalah ini mungkin kalo kita liburan tanpa membawa kamera mungkin seperti sayur tanpa garam, ya karena kita harus mengabadikan momen-momen saat berada diperjalanan maupun saat di puncak gunung cikuray,
Kami hanya membawa satu kamera digital dan 3 handpone,

Setelah melakukan persiapan dan ke-esokan harinya juga tepat taggal 26-oktober-2014 kami berangkat dengan menggunakan mobil umum, berikut saya rangkum perjalanan hingga bisa mencapai puncak gunung cikuray..

- Berangkat meggunakan mobil umum
Berangkat dari rumah sekitar pukul 06:30 menggunakan mobil umum, tujuannya ke cilawu karena mulai dari situlah awal pendakian dimulai, saya (azisJS) sempat membayangkan perjalanan menuju puncak gunung, maklum saja saya baru pertama kali mendaki gunung gan. Saya hanya bermodalkan uang 100rb dan perbekalan di tas saya tentunya fisik dan stamina juga perbekalan nomor satu,

Setelah sampai di cilawu pukul 07:18 (perjalanan hanya 1jam kurang, karena jarak atara mangunreja dan cilawu agak jauh-dekat sih) kami langsung disambut tukang ojek lalu mengajak kami untuk meggunakan motor ke pos pendakian, namun kami menolaknya karena kami ingin mendaki itu dari dasar tanpa bantuan kendaraan,

- Memulai pendakian
Pada pukul 07:30 kami berangkat setelah turun dari mobil umum tadi, kami hanya ber tiga (Cepi,Andri,Azis) jalan kaki dari sisi jalan menuju pos pendakian kurang lebih sekitar 2jam sampai ke pos pendakian tersebut,

Lalu kami menulis data diri di pos tersebut dan melanjutkan perjalanan kembali, setelah sampai di 'kebun teh' kami beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa haus, tidak lama hanya 5menit, karena target kami adalah sampai dipuncak sebelum matahari terbenam, melanjutkan perjalanan dan akhirnya sampai di 'pemancar' atau awal mula jalur pendakian gunung cikuray tersebut sekitar jam 10:00, melihat suasana disana kami terkejut karena banyak nya mahasiswa yang turun dari gunung mungkin ini akan sedikit mengulur waktu karena banyak nya orang yang turun,
Beberapa saat kemudian, kami langsung melanjutkan pendakian,

- Menuju pos 1
Karena banyak nya yang turun kami pun bergantian jalur (maklum hanya jalur setapak saja) teman saya (Andri) bertanya kepada pendaki yang turun "mas di atas penuh?" ujarnya, dan si pendaki itu menjawab "penuh banget mas, masih banyak yang turun kami juga hanya sampai puncak bayangan ajah mas",

Melanjutkan perjalanan sambil bergantian jalur, saya (azisJS) mulai merasakan 'keram' serontak teman sayapun menolong saya dan sambil istirahat juga, karena jalur setiap pos saja memerlukan waktu paling lambat sekitar 1jam. Setelah kaki saya (azisJS) sudah tidak 'keram' lagi, kami melanjutkan perjalanan kembali banyak yang memberikan kami semangat dari para pendaki yang turun, "semangat gan" itu adalah semangat yang dilanturkan para pendaki terhadap kami, setelah sampai di pos 1 kami tidak istirahat dan langsung menuju pos 2.

- Menuju pos 2
Bergantian jalur membuat perjalanan kita sedikit terganggu saking banyak nya pendaki yang turun (kebanyakan mahasiswa) membuat jalur tersebut jadi 'macet', tolong menolong sesama pendaki adalah hal yang sering saya temui saat pendakian, jalur yang licin dan ber-akar membuat jalur tersebut susah untuk dilewati, namun kami tidak patah semangat (masa baru ajah pos 1 udah nyerah) tidak terasa sambil ngobrol dan kitapun tiba di pos 2, kami beristirahat sejenak sambil minum kopi.

- Menuju pos 3
Beberapa saat setelah istirahat dan selesai minum kopi kami melanjutkan perjalanan meuju pos 3, kami tidak membuang-buang waktu, istirahat maksimal adalah 10menit, suka duka saat perjalanan menuju pos 3 banyak saya alami, terutama saat ada pendaki yang cantik-cantik, pandangan demi pandangan terhadap saya (azisJS) pun tidak ter-elakan lagi (mungkin mereka kira saya bukan mau mendaki melainkan mau piknik, karena pas saya lihat sendiri dan tanpa disadari style saya bukanlah mau ke gunung kali yah, saya pakai celana jeans pensil,jaket ketat lagi), bukan hanya para pendaki yang aneh dengan style saya, teman-teman sayapun seringkali mengejek saya "zis lu mau ke gunung atau ke pesta? Itu setelan lu kyk gitu, mendaki pakai celana pensil" dan sayapun menjawab nya dengan santai "ehh atuh, saya mah pakai pensil juga banyak yang lirik, apalagi pake celana gunung coba", dan tidak terasa perjalanan yang amat sangat sulit dan menantang

Kamipun tiba di pos 3, kami memutuskan untuk istirahat lebih lama disini, lalu karena ada panggilan alam (lapar) kita memutuskan untuk makan,ngopi, dan udud dulu biyar semangat. Ya mau dikata ape wis mangan ora udud iku, enek mass..

- Menuju puncak bayangan
Setelah beristirahat di pos 3, kami langsung melakukan perjalanan kembali menuju pos berikutnya, ada 7 pos kurang lebih.

Pos demi pos pun kami lewati sesekali berfoto dan membuat video, dan kami akhirnya sampai di puncak bayangan pada pukul 13:55, istirahat kembali dengan waktu 5menit setelah itu ya lanjutin perjalanan karena udah deket banget gan hanya sekitar 2jam perjalan lagi menuju puncak pertama gunung cikuray, dan kembali lagi saya (azisJS) 'keram' ke empat kalinya, dan teman-teman sayapun mengejek saya lagi "lu gak bosen apa keram mulu, makannya jangan lama-lama di wc euy", dan saya hanya tersenyum saja menjawab nya.

- Tiba di puncak utama gunung cikuray
Tidak terasa, waktu demi waktu kita lewati bersama dan juga rintangan dan kemacetan saat mendaki pada akhirnya kita sampai di puncak utama gunung cikuray pukul 16:25, rasa cape seakan terobati saat melihat pemandangan yang begitu amat indah dari puncak gunung, kami langsung mendirikan tenda untuk beristirahat karena takutnya keburu keduluan lapak sama pendaki lainnya, sesudah mendirikan tenda kami langsung tidur untuk mengobati lelah, maklum saja perjalanan yang berat dengan waktu tempuh dari mulai turun dari mobil sampai tiba di puncak gunung itu sekitar 9 jam.

- Memandang sunset di puncak gunung cikuray
Pada pukul 17:30 kami terbangun karena ingin menyaksikan sunset di puncak gunung cikuray, tidak lupa tentunya kami berfoto dengan baground sunset, melihat pemandangan sunset di puncak gunung baru saya alami pertama kali ini, 'terkejut' merupakan perasaan yang saya alami waktu itu, saya tidak bisa berkata-kata saat melihat pemandangan itu hanya bisa dikatakan dengan foto, tidak terasa sambil melihat sunset dan berfoto di puncak gunung waktu menunjukan sudah pukul 18:15, dimalam hari dengan udara yang sangat dingin bingit, kami hanya berfoto,ngobrol dan ngopi di dalam tenda, didalam tenda pun berdesakan dikarenakan tenda yang kami gunakan sebenarnya muat untuk 2orang saja.

Pada pukul 20:38 saya memutuskan untuk tidur duluan, bermodalkan sleepingbad dan sarung dengan bantal tas, saya tertidur dengan lelap.

- Keindahan Sunrise di puncak gunung cikuray
Saya bangun pagi sekali saat itu pada 27-oktober-2014 pukul 05:00, saya membangunkan teman-teman saya untuk melihat sunrise, berfoto dengan baground sunrise melengkapi liburan kita dipuncak gunung cikuray, tidak lupa juga kami membuat video pendek sesekali juga ngobrol dengan pendaki yang lainnya,

Tidak terasa waktu menunjukan pukul 06:30 kami langsung beres-beres untuk pulang lagi ke mangunreja (tempat tinggal kami). Karena waktu itu teman saya (Cepi putra) ada pekerjaan mendadak jam 2siang nya (maklum dia kan fotographer gan).

- Pulang ke tempat asal
Sesudah beres-beres kami langsung pamit kepada para pendaki lainnya untuk bergegas pulang, berangkat dari puncak gunung pukul 07:00, walaupun hanya satu hari di puncak gunung namun perasaan kami (terutama saya) sangat senang, karena liburan ini mendadak dan juga ada pekerjaan mendadak pula.

Terbalik waktu perjalanan pulang terasa lebih cepat, jam 12:25 kami sudah sampai di sisi jalan perjalanan turun hanya memakan waktu 4jam setengah, ya karena pas naik macet banget jadi perjalanan pun sedikit terganggu, tapi pas pulang cuman kita ber tiga ajah yaa jadi lebih cepat dehh turunnya.
Sewaktu tiba di mangunreja kami berpisah untuk pulang ke rumah kita masing-masing untuk beristirahat.

Pengalaman saya saat mendaki gunung cikuray tidak akan pernah saya lupakan dan semoga kedepannya saya bisa mendaki ke semeru dan bromo.
Saat malam harinya saya mulai mengumpulkan hasil foto, tidak terbayang ada sekitar 300 jepretan dari kamera digital itu, lalu beberapa saya posting di facebook dan twitter dengan hashtag #cikuray,

Walaupun cuman satu hari satu malam di gunung cikuray saya merasa senang bisa merasakan betapa susah nya menaklukan sebuah gunung (sumpah lebih susah naklukin gunung daripada naklukin cewe), badan saya terasa retak setelah pulang dari gunung, mau tau gak berapa lama badan saya nyareri? Satu minggu lebih kang..

Mungkin itulah cerita pendakian saya (azisJS) saat kw gunung cikuray jawa barat, semoga anda para pembaca blog saya ini bisa termotifasi untuk mencoba mendaki, karena mendaki itu sehat dan menguji bertahan hidup kita gan pokonamah pucuk,pucuk,pucuk....
Salam hangat saya seorang editor yang ingin menjadi seorang pendaki.
Azis Js Setyawan

Terimkasih kepada :
Warga cilawu
Posko kemanan
Surabaya black hat (baju)
JsDesign studio (foto & video editing)

Androliker .APK Aplikasi Android

Dapatkan pemberitahuan via email setiap ada postingan terbaru,
Silahkan masukkan email anda, lalu klik Subscribe

2 Responses to "Pendakian pertama ke gunung cikuray (Catatan Azis Js Setyawan)"

1. gunung cikuray memang kerenn, keren trck nya dan awan nya.

2. Do you need free Google+ Circles?
    Did you know that you can get these AUTOMATICALLY AND ABSOLUTELY FOR FREE by registering on Like 4 Like?