Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk



Halo, selamat berjumpa kembali bersama saya Azis JS, yang kali ini akan membahas "Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk". Kenapa judul artikel nya begitu? Karena se-tahu saya, bawaan OS dari Laptop Lenovo G40-45 adalah Windows 8.1. Nah bagaimanakah caranya agar kita bisa install Windows 7 atau 10 di Laptop Lenovo G40-45 ? Jawabannya ada di sini.

Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk

Gambar di atas merupakan tampilan Laptop Lenovo G40-45 saya yang sebelumnya menggunakan Windows 8.1, namun karena saya bosan dengan Windows 8.1 pada akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Windows 10 sebagai OS pilihan terbaru.

Pada awalnya saya bertanya kepada teman saya kalau misalkan mau install OS yang baru, harus di kosongkan terlebih dahulu partisi / hardisk nya. Tapi karena data-data di Laptop saya sangat penting, dan saya tidak mempunyai Hardisk lain, akhirnya saya mencoba beberapa cara untuk install Windows baru tanpa menghapus Hardisk.

Dan Allhamdulillah, saya menemukan cara ajaib (Menurut Saya) untuk meng-install windows tanpa harus mengkosongkan hardisk. Nah untuk para pembaca blog saya ini jangan hawatir, karena pada postingan ini saya akan membagikan cara dan tutorialnya dengan sangat lengkap dan jelas.

Untuk bahan yang saya gunakan pada tutorial ini adalah :
1. Dua buah Flashdisk
(Flashdisk 1 digunakan untuk Bootable, Flashdisk 2 digunakan untuk OS saja)
2. Rufus
3. Minitool
4. Os Windows 10

Caranya bagaimana? Untuk cara saya menggunakan 2 (Dua) Flashdisk sebagai bahan uji coba. Flashsidk 1 saya gunakan untuk Bootable, dan yang satunya lagi saya isi dengan OS Windows 10.

Okay, tanpa panjang lebar lagi saya akan membagikan langkah-langkah untuk meng-install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk.

1. Kalian siapkan Dua Buah Flashdisk. Lalu Download bahan-bahan berikut ini :

2. Langkah selanjutnya buatlah bootable menggunakan flashdisk yang didalamnya terdapat MiniTool Partition Wizard yang sudah di Download tadi. Selanjutnya buka program Rufus, Pada kolom Device, otomatis flashdisk yang kita tancapkan lalu pilih pada ISO Image > Pilih lokasi penyimpanan MiniTool Partition Wizard lalu file ISO nya > Klik Open > Pilih Start. (Silahkan lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelas.

Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk

3. Setelah pembuatan bootable selesai, selanjutnya anda Restart laptop nya dan masuk ke BIOS (Untuk Laptop Lenovo G40-45 tekan "FN+F2"). Setelah masuk BIOS pergi ke menu BOOT jadikan USB Flash Drive menjadi urutan Pertama. Simpan dengan menekan tombol "FN+F10", Jika sukses maka akan terlihat MiniTool Partision Wizard full di Layar.

Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk

Pilih Boot form partition wizard (Safe Mode).

Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk

Pada please Choose, pilih saja angka 1, lalu Enter.

4. Kemudian akan tampil layar dari MiniTool, Pilih salah satu Disk atau partisi yang akan kita Convert supaya adata yang kita miliki tidak hilang. Lalu lihat pada panel menu samping kanan dan tekan Convert GPT Disk to MBR Disk.

Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk

Selanjutnya Tunggu dan jangan lupa terus tancapkan adapter Cas Laptop Anda supaya tetap menyala.

Jika sudah selesai, Restart Laptop, dan masukkan Flashdisk 2, yang sudah terisi instalasi Windows yang baru, Disini saya menggunakan Windows 10.

Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk
Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk
Silahkan pilih bahasa engklish (UK or US) jika ada bahasa indonesia silahkan anda pilih. selebihnya silahkan di biarkan saja. kemudian klik next lalu install Now.

Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk

Setelah Anda klik "Install now" ternyata anda di hadapkan dengan input serial. silahkan jangan panik dahulu. tinggal pilih Skip saja.

Setelah anda tunggu, kemudian muncul 2 pilihan installasi. silahkan pilih costum. nah pada tahap ini anda akan masuk ke pengaturan partisi. silahkan select drive c kamu jagan sampai salah driver. cara mudahnya ingat" kapasitas drivenya semisal pada gambar di bawah in adalah 20GB, silahkan klik next untuk melanjutkan.

Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk
Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk

Jika berhasil maka Anda akan dilanjutkan ke proses instalasi. Silahkan di tunggu biasanya memakan waktu 20-30 menit. Pada waktu saya install kemarin, saya memakan waktu sampai 45 menit.

Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk

Jika sudah selesai otomatis Laptop anda akan di restart. dan saat bersamaan muncul logo Lenovo, silahkan langsung cabut flashdisk. agar tidak mengulang proses installasi kembali.

Nah sampai tahap ini, mungkin Anda juga sudah mengerti cara meng install windows seperti biasanya.

Mungkin itulah Artikel yang bisa saya bagikan untuk hari ini mengenai Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk. Semoga dalam tutorial ini kalian bisa mengerti dan jika masih kesulitan, bisa hubungi saya di Facebook atau silahkan berikan komentar di bawah.

Terimakasih, selamat berjumpa kembali dalam tutorial saya berikutnya.

Penelusuran yang terkait tentang Laptop Lenovo G40-45
cara instal windows 10 di laptop lenovo ideapad 110
cara instal ulang laptop lenovo menggunakan flashdisk
cara instal ulang laptop lenovo g40-45
cara instal laptop lenovo pertama kali
cara instal laptop lenovo ideapad 110
cara instal laptop lenovo dengan flashdisk
cara masuk bios lenovo g40 windows 10
cara instal ulang lenovo dengan flashdisk



Androliker .APK Aplikasi Android

Dapatkan pemberitahuan via email setiap ada postingan terbaru,
Silahkan masukkan email anda, lalu klik Subscribe






2 Responses to "Cara install Windows 7/8/10 di Laptop Lenovo G40-45 Tanpa Menghapus Hardisk"


  1. Gan gua problem sama, tapi disana ngga ada file iso minitool partisinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah pake minitol gan terlalu ribet,mending ketika install ane saranin antum pilih Partisi Cnya aja untuk di hapus sisanya/partisi D nya diamkan saja setelah itu klik next

      Delete