TIPS AMPUH, Cara agar Kuota/Data di Android tidak mudah habis (Terutama Simpati)

Biasanya Saya internetan pake kartu XL, namun berhubung paket internetnya habis. Saya paketin paket internet di nomor Simpati yang biasa mimin pake sms telepon ibu dan bapa. Gak pikir panjang langsung teken *363# pilih paket Smartphone/TAU pilih BULANAN. Paket 2gb perbulan aktif dengan harga 60rb dengan gratis chatting di WA/BBM.

Namun, tidak sampai sehari paket internet simpati habis. Padahal tidak dipakai buat streaming video, download file apapun, meskipun hanya dipakai browsing saja. Punya pengalaman menggunakan internet langsung habis dengan kartu perdana simpati, akhirnya Saya mencoba untuk share kenapa paket internet cepat habis?

Pertama, cek berapa kuota internet kamu. Pastikan lagi dari awal, apakah kuota yang kamu pikirkan sama dengan kuota yang tertera dipaket internetmu? (kalo Saya iya paket 2gb/bulan selama 24 jam).

Azis JS - TIPS AMPUH, Cara agar Kuota/Data di Android tidak mudah habis (Terutama Simpati)

Setelah itu Saya komplain kepada Customer Service simpati, langsung saja Saya tanya kenapa kok paket internet simpati cepat habis dibandingkan dengan paket internet provider lain seperti XL, AXIS, IM3 dan 3 (three). Setelah itu Customer Servicenya langsung menjelaskan kenapa paket internet yang Saya pake (Paket simpati smartphone/TAU 2gb perbulan) cepat habis dalam waktu sehari.

Alasan Paket Internet Cepat Habis
Pertama, matikan aplikasi yang berhubungan langsung seperti aplikasi messaging, jika sedang tidak dipakai salam waktu yang lama (saat  tidur, saat belajar, saat dikelas, saat bermain diluar, saat berkendara dan saat makan sekalipun) matikan data seluler nya saja. Karena aplikasi messaging akan terus memakan kuota internet untuk mengecek pesan masuk setiap detik.

Apalagi aplikasi yang memuat banyak stiker (meskipun stiker sudah ada di gadget sendiri, jadi hanya membaca kodenya saja, namun apabila stiker itu baru, maka sama saja seperti ngload gambar berkualitas tinggi). Aplikasi yang dimaksud CS Line,WA,BBM,FB,Twitter,Kakaotalk,We chat, dll. Karena memang mimin instal itu semua, tapi masa bisa memakan kuota 2 gb dalam sehari? baca lebih lanjut yaa

Kedua, Kecepatan internet berbanding lurus dengan pengeluaran. Semakin cepat akses internet di smarphone atau PC kalian, maka akan semakin cepat kuota itu habis. Memang benar apa yang dikatakan customer service, saya bandingkan dngan kartu 3 yang memang sangat lambat di daerah mimin.

Paket 2gb/pertahun saja masih awet selama 3 bulan, karena lambat mimin jarang pakai, jadi hemat hehe. Karena mimin suka buat browsing-browsing yang mungkin 1 halaman bisa memakan kuota 1-5mb jadi dengan kecepatan internet yang cepat membuat ganti atau membuka halaman lain dengan cepat.

Jika kecepatan internet 10x lipat lebih cepat (dengan 3 kecepatan rata2 30kpbs dan simpati,xl,im3 rata-rata 300kbps bahkan lebih dari 1 mbps), maka akan semakin cepat kita membuka halaman baru, atau mengganti halaman baru yang itu akan memakan kuota internet lebih cepat habis.

Ketiga, hindari pemakaian internet untuk game online karena banyak sekali yang melakukan update, atau ada char yang baru sehingga kita harus ngload kembali tidak disimpan kedalam cache.

Jadi, jika ingin bermain game online perhatikan terlebih dahulu apakah aplikasi game tersebut tidak sedang membutuhkan update atau tidak. Jika sedang membutuhkan update periksa kembali kuota paket internet Anda dan sesuaikan. Saya punya pengalaman untuk mengupdate game di android bisa sampai 1gb.

Tapi saat itu (masih paket internet simpati 2gb per bulan, Saya tidak sedang main game online apalagi mengupdatenya) Tapi kenapa cepat habis, baca lagi ya….

Keempat, Jangan samakan pengunaan kuota internet saat memakai di smarphone dengan PC. Memang saat mengunakan internet di PC akan terasa lebih cepat habis. Meskipun sama-sama digunakan untuk browsing, karena jika di PC kita harus ngload dengan resolusi yang sangat besar dan browser di PC semuanya sudah ready javascript, allow pop up, dll yang memakan kuota internet dengan cepat. (biasanya ada halaman yang akan reload dalam 30 detik sekali, atau melakukan pemutaran musik dan video, jika klik akan muncul pop up yang tidak kita inginkan)

Kelima, gunakan browser Operamini. Memang jika kita di android menggunakan browser Chrome atau Firefox, sepertinya akan sama pemakaiannya dengan di PC, karena sama-sama mengeload java. Jadi gunakan browser operamini untuk menghemat pemakaian kuota internet Anda saat browsing.

Akhirnya setelah lama komplain sekalian menanyakan paket yang murah untuk simpati apa, akhirnya ketemu permasalahan utama kenapa kuota internet simpati Saya cepat habis. Itu karena ada pemakaian tidak wajar yang digunakan oleh PC dari tathering smartphone menggunakan paket 2gb perbulan. (setelah Saya cek PC Saya, tidak ada update karena sudah dinonaktifkan, tapi ada update aplikasi windows yang belum Saya aktifkan dan itu memang akan otomatis ketika menggunakan Wifi) Jadi, gara-gara update aplikasi windows (Game sebesar 11gb, office aplication 2gb, social application 500mb, dll yang totalnya 20gb).

Tips dan Trik Menghemat Internet
  1. Saat tidak sedang dipakai, matikan data seluler atau gunakan mode pesawat. Itu sekaligus akan menghemat pemakaian baterai sampai 40%.
  2. Jangan berlebihan dalam menggunakan aplikasi chatting. (mimin instal banyak applikasi chating hanya karena bawaannya saja jadi sulit dihapus ) baca juga: Menghapus aplikasi bawaaan di Android.
  3. Gunakan browser operamini. Bisa menghemat sebesar 70% kuota.
  4. Instal aplikasi untuk mencek pemakaian dan kecepatan internet. Seperti : Internet Speed Meter Lite di android, iphone maupun windows phone) hitung dan cek, saat anda memakai untuk bermain game, chatting dalam sehari, browsing, dll.

Mungkin jika pengunjung blog saya punya pengalaman dan saran. Bisa disampaikan dalam komentar, Saya akan senang menerimanya. Semoga membantu.


Kata kunci terkait :
  • kenapa kuota telkomsel flash cepat habis
  • kuota telkomsel cepat habis
  • kenapa kuota simpati cepat habis
  • kenapa kuota telkomsel cepat habis
  • kuota internet telkomsel cepat habis
  • paket simpati cepat habis
  • paket di android cepat habis
  • kuota telkomsel flash cepat habis
  • kenapa paket internet telkomsel cepat habis
  • paket internet telkomsel cepat habis
  • mengapa kuota simpati cepat habis

Baca Juga




Disarankan

  1. Cara agar Status Facebook Banyak yang Like
  2. Download aplikasi Autolike Facebook untuk Android
  3. Cara mendapatkan Token Facebook
  4. Cara Menggunakan Autolike untuk Instagram Terbaru
  5. Cara Mencegah Pengguna Adblock di Blogger
  6. Cara Terbaru mengembalikan Akun COC yang Terkena BANNED

Dapatkan pemberitahuan via email setiap ada postingan terbaru,
Silahkan masukkan email anda, lalu klik Subscribe






1 Response to "TIPS AMPUH, Cara agar Kuota/Data di Android tidak mudah habis (Terutama Simpati)"