Mengenal Teori (70/20/10) Untuk Karyawan/Karyawati disebuah Perusahaan



Dalam suatu diskusi bisnis, Mario Teguh pernah memaparkan sebuah rumus yang disebutnya dengan rumus perbandingan 70/20/10. Apa rahasia rumus 70/20/10 ini? Begini ceritanya, semoga bermanfaat.

Dalam setiap institusi bisnis berlaku bahwa : 70% karyawan/karyawati, baik buruknya tergantung dari contoh dan pembinaan dari pimpinannya (top Down).

Mengenal Teori (70/20/10) Untuk Karyawan/Karyawati disebuah Perusahaan

Kalau pimpinannya baik maka 70% karyawan/karyawati nya akan menjadi baik, kalau pimpinannya produktif dan excellent, maka 70% karyawannya juga menjadi produktif dan excellent. Kalau bossnya korup, malas dan tidak baik, maka 70% karyawannya akan ikutan korup dan malas.

20% karyawan, adalah karyawan yang memiliki kualitas baik tanpa tergantung boss atau pimpinannya. Mereka ini tetap bekerja untuk kualitas dirinya sendiri dan komitmen demi masa depan mereka sendiri walaupun pimpinannya tidak baik. Komitmennya untuk menjadi terbaik bagi dirinya, tidak akan mudah dipengaruhi oleh sifat-sifat jelek boss maupun lingkungan perusahaannya.

10% karyawan, memang memiliki sifat yang tidak baik. Meskipun pimpinannya excellent, produktif tetap saja yang 10% ini akan tetap tidak baik, karena pada dasarnya sudah memiliki sifat tidak bagus. Pemalas, banyak mengeluh, menuntut gaji yang lebih tinggi tanpa melakukan usaha produktif dan lain-lain.

Disisi lain rumus ini mirip dengan salah satu teori ekonomi dan bisnis yang lazim dikenal dengan Hukum PARETO dengan rumus 80/20. Dengan aplikasi bahwa dalam setiap institusi bisnis, institusi ekonomi maupun institusi lainnya, selalu berlaku bahwa :

Hanya ada 20% orang-orang yang merupakan orang-orang produktif dan memiliki ethos kerja yang tinggi dan merekalah yang disebut The Leader. Sisanya 80% adalah orang-orang biasa saja, yang kurang produktif dan hanya mengikuti apa adanya, merekalah yang disebut Follower.

Dan 20% orang-orang produktif inilah yang mampu menguasai 80% dari total perputaran ekonomi yang ada. Sedangkan yang 80% adalah orang-orang biasa saja dan hanya mampu menikmati 20% saja dari perputaran ekonomi yang ada.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah di manakah posisi kita berada saat ini ? Di 20%-kah.., di 70%-kah.., atau di 80%-kah.., atau bahkan di 10%?

Sekian Artikel saya yang sangat singkat ini mengenai Mengenal Teori (70/20/10) Untuk Karyawan/Karyawati disebuah Perusahaan, semoga bisa membantu kalian untuk merubah sikap sewaktu bekerja yah...



Lightroom Presets .apk Aplikasi Android

Dapatkan pemberitahuan via email setiap ada postingan terbaru,
Silahkan masukkan email anda, lalu klik Subscribe






0 Response to "Mengenal Teori (70/20/10) Untuk Karyawan/Karyawati disebuah Perusahaan"


Post a Comment