Proses Terbentuknya Atol dan Penyebarannya

Pernakah kalian mendengar kata Atol?. Atol merupakan sebuah gugusan pulau karang
berbentuk melingkar yang berada di tengah lautan. Lalu bagaimana sebuah atol bisa terbentuk di tengah lautan?.

Proses pembentukan formasi atol sangat erat kaitannya dengan proses geologi. Salah satu teori yang diyakini dapat menjelaskan terbentuknya atol adalah sebagai teori Hot Spot.

Hot Spot merupakan sebuah titik panas di dalam bumi yang menghasilkan sebuah intrusi magma hingga mencapai permukaan bumi dan membentuk sebuah pulau. Menurut teori Hot Spot, urutan pembentukan atol adalah sebagai berikut:
  1. Terdapat suatu  aktivitas magmatik pada suatu titik panas.
  2. Titik panas tersebut kemudian tumbuh dan berkembang menjadi gunung api di bawah laut.
  3. Gunung api di dasar laut tersebut kemudian meletus dan setelah itu tidak aktif (mati).
  4. Setelah berjuta-juta tahun gunung api tersebut kemudian berubah menjadi pulau dan bergeser dari posisi semula karena pergerakan lempeng.
  5. Pulau sisa gunung api tersebut kemudian ditumbuhi oleh formasi karang yang berkembang menjadi barrier rief dan kemudian menjadi atol.
Proses Terbentuknya Atol dan Penyebarannya
Ganesa Atol

Atol banyak terbentuk di daerah tropis dan subtropis khususnya di daerah Samudera Pasifik. Lalu dimana letak atol terindah di dunia?

1. Atol Takabonerete
Atol Takabonerete merupakan salah satu atol yang terdapat di Indonesia tepatnya di Sulawesi Selatan. Tak banyak orang yang mengetahui tentang keberadaan atol indah ini sehingga promosi wisatanya belum begitu sebesar objek wisata lain seperti Raja Ampat. Luas total atol ini mencapai 220 ribu Ha dengan sebaran terumbu karangan 500 km persegi.

Proses Terbentuknya Atol dan Penyebarannya
Atol Takabonerete

2. Atol Funafuti
Atol Funafuti terletak di Samudera Pasifik tepatnya di Kepulauan Tuvalu. Tuvalu termasuk dalam negara terpencil di dunia sehingga hanya sedikit turis yang datang ke negara ini.  Atol Funafuti memiliki lebar sekitar 20 hingga 400 meter.

Proses Terbentuknya Atol dan Penyebarannya
Atol Funafuti

3. Tikehau Atol
Atol Tikehau merupakan bagian dari Kepulauan Tuamotu di Pasifik. Atol ini memiliki pantai yang berwarna putih hingga pink sehingga sangat terlihat cantik. Beragam jenis ikan juga terhampar di wilayah ini bahkan menurut penelitian merupakan yang terbesar di antara Kepulauan Polinesia Pasifik.

Proses Terbentuknya Atol dan Penyebarannya
Atol Tikehau

4. Atol Lighthouse
Atol lighthouse terletak di wilayah Belize di dekat Meksiko. Atol ini memiliki bentuk seperti bola mata jika dilihat dari udara. Di tengah atol ini terdapat sebuah wilayah perairan jernih yang cukup dalam dan merupakan titik diving yang sangat bagus. Para wisatawan dapat melihat formasi-formasi batu kapur di bawah atol ini.

Proses Terbentuknya Atol dan Penyebarannya
Atol lighthouse

5. Atol Suvadiva Maladewa
Atol ini terletak di Kepulauan Maladewa di Samudera Hindia. Maladewa merupakan sebuah negara kepualauan yang terdiri dari gugusan pulau karang kecil dan 26 pulau Atol. Sckuba diving dan snorkeling merupakan aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di sini. Maladewa merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan di dunia karena keindahan atolnya.

Proses Terbentuknya Atol dan Penyebarannya
Atol Suvadiva Maladewa

Itulah sekilas mengenai proses terbentuknya atol dan beberapa lokasi penyebarannya di bumi. Bagaimana? tertarik untuk berwisata ke sana?

Baca Juga




Disarankan

  1. Cara agar Status Facebook Banyak yang Like
  2. Download aplikasi Autolike Facebook untuk Android
  3. Cara mendapatkan Token Facebook
  4. Cara Menggunakan Autolike untuk Instagram Terbaru
  5. Cara Mencegah Pengguna Adblock di Blogger
  6. Cara Terbaru mengembalikan Akun COC yang Terkena BANNED

Dapatkan pemberitahuan via email setiap ada postingan terbaru,
Silahkan masukkan email anda, lalu klik Subscribe






0 Response to "Proses Terbentuknya Atol dan Penyebarannya"


Post a Comment