Resolusi 2016: Jadilah Manusia yang Bermanfaat Untuk Orang Lain



Tidak terasa, 2016 sudah didepan mata. Perasaan baru kemarin membuat resolusi 2015. ah, waktu berjalan cukup cepat. bagaimana dengan resolusi 2015 nya apakah sudah terealisasi? cukup rumit kalo kita membuat banyak list resolusi.

Resolusi saya setiap tahun selama 3 tahun ini tidak berubah dan hanya 1 resolusi yaitu “menjadi manusia yang bermanfaat buat orang lain. Seperti yang pernah saya tulis disini. Jadi semua yang saya lakukan dalam keseharian dalam tindakan dan ucapan menuju goal resolusi saya.

Resolusi 2016: Jadilah Manusia yang Bermanfaat Untuk Orang Lain

Resolusi yang sederhana itu kadang juga masih butuh effort yang tidak mudah, karena seperti manusia pada umumnya sifat egois, mementingkan diri sendiri, dan hawa nafsu membuat kita lupa bahwa hidup kita ada bagian manusia lain untuk dipedulikan juga.

Jadi bagaimana kita bisa menjadi manusia yang dapat bermanfaat buat orang lain, beberapa waktu lalu saya sempat berbincang dengan sosok yang menginspirasi saya. obrolan diruang kerja beliau dengan ditemani segelas kopi membuat saya mendapatkan banyak Inspirasi.

ada 3 Hal yang saya catat dari hasil obrolan itu, apa aja pointnya?

1. Ihklas

“Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (Al-An’am: 162)

Ayat diatas menjelaskan bahwa apa yang kita miliki semua harus diberikan kepada Dzatyang memberikan, jadi sebenarnya apa yang kita miliki tidak sepenuhnya tidak dimiliki tetapi hanya sebagai hak kita untuk mengelola yang sewaktu-waktu akan diambil oleh Dzat pemilik sesungguhnya. nah dengan memahami konsep ini akan mendorong kita untuk lebih dapat melaksanakan ilmu ikhlas ini. Karena dengan merasa bahwa yang kita miliki adalah titipan, rasa egois untuk hak-hak kita yang dimiliki akan hilang.  Jadi yang pertama untuk menjadi manusia yang bermanfaat harus memiliki rasa ikhlas pada dirinya.

berikan setiap rejeki yang diberikan, jangan pernah meminta kembali apa yang sudah diberikan, dan jangan pernah berharap ada ganti saat kita memberikan sesuatu milik kita.

2. Hormati Ibumu

Ridho Alloh tergantung oleh ridho Ibumu, dalam Islam kedudukan ibu ada diatas segala-galanya. jadi apabila kita dapat menghormati ibumu dengan baik, maka kita bisa lebih menghargai orang lain seperti kita menghargai ibu kita, dengan menghormati ibu kita belajar membangun kebiasaan kita untuk menghormati orang lain.

Dari  Abu Abdulrahman, Abdullah bin Mas’ud, ia menceritakan: Aku pernah bertanya pada Rasulullah, tentang prbuatan apakah yang paling dicintai Allah? Jawab beliau : “yaitu shalat pada waktunya”. Aku bertanya lagi: Kemudian apa lagi? Jawab beliau: “berbuat baik kepada orang tua”. Aku bertanya lagi: Kemudian apa lagi? Beliau menjawab: “Jihat fisabilillah”. ( HR. Bukhori dan Muslim – Riyadhush Shalihin 3/315)

Ucapkan “permisi” saat lewat depan orang lain, ucapkan terima kasih dan berikan senyuman sebagai tanda menghormati orang lain.

3. Banyak Menolong dan Bersedekah

Setelah kita memiliki rasa ikhlas dan pandai menghormati orang lain, selanjutnya kita bisa melakukan tindakan yang nyata untuk menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Menolong baik dengan tindakan yang sederhana atau menolong dengan materi yang kita miliki.

Biasakan untuk memasukkan rejekimu saat kamu pergi ke tempat ibadah, bantulah setiap orang yang merasa kesulitan dijalan, kantor, tempat umum atau dimanapun kita berada


Nah 3 hal yang mendukung resolusi saya 2016, semoga setiap tahun akan terus terealisasi dan saya menjadi manusia yang terus bermanfaat untuk orang lain.

Jadi apa Resolusi 2016 kamu kawan?



Lightroom Presets .apk Aplikasi Android

Dapatkan pemberitahuan via email setiap ada postingan terbaru,
Silahkan masukkan email anda, lalu klik Subscribe






0 Response to "Resolusi 2016: Jadilah Manusia yang Bermanfaat Untuk Orang Lain"


Post a Comment